Selamat Datang di ROFIQ AGUNG SETIAWAN'S BLOG ( AMIKOM Purwokerto )

PENGGUNAAN HEADER DAN FOOTER PADA MICROSOFT WORD

Minggu, 02 Desember 20120 komentar


Header dan footer adalah fasilitas untuk membuat catatan pada bagian atas/ kepala (header) dan catatan pada bagain bawah (footer). Namun yang saya maksud disini adalah penggunaannya pada section (lembar kerja) kedua dan seterusnya. Ada kalanya kita ingin membuat tulisan atau teks dengan menggunakan header dan footer yang berbeda pada setiap halaman dalam satu file. Namun jika kita tidak paham membuatnya, mungkin kita akan memisah filenya. Berikut saya akan menunjukkan cara membuat header and footer pada section/lembar kerja kedua dan seterusnya.

Langkah 1

Buka Microsoft Office Word terlebih dahulu. Pada halaman pertama kita buat contoh header dan footer yang diinginkan. Pada contoh ini saya menggunakan Kop Ujian Akhir Semester (UAS), dimana pada halaman pertama, kedua dan seterusnya isi teks tersebut berbeda.

Langkah 2

Setelah membuat contoh Header dan Footer, klik tab Page Layout, pilih Break, lalu Next Page
Maka akan menuju ke halaman kedua, pada halaman kedua ini klik Insert, pilih header atau footer lalu klik edit header (klik 2x pada header area), secara otomatis akan muncul tab baru yaitu tab design.

Langkah 3

Pada tab design, klik link to previous (non aktifkan) dan klik next section pada menu navigationheader dan footer.
Silahkan ubah isi teks header dan footer pada halaman kedua, lakukan hal yg sama untuk halaman berikutnya dan bagian footer.
untuk selanjutnya klil tombol Close Header and Footer.
Catatan:
1.Tanda  yang tadinya ada di sudut kanan area header/footer akan hilang ketika kita non aktifkan link to previous.
2.Dalam suatu section/halaman, kita dapat membuat header/footer yang berbeda pada halaman pertama section dengan mengaktifkan Different First Page.
3.Untuk membedakan header/footer halaman genap dan ganjil pada section tersebut, aktifkan Different Odd & Even Pages. Caranya sama dengan yang saya jelaskan diatas, jd “Link to Previous” harus di nonaktifkan.
4.Selain itu apabila kita ingin membuat header/footer suatu section menjadi sama kembali dengan section sebelumnya, yaitu dengan cara mengaktifkan kembali Link to Previous.
Apabila muncul tanda seperti ini
Klik YES. Secara otom atis header/footer yang digunakan adalah header/footer pada section yang lebih awal.
Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Rofiq's Blog | Creating Website | STMIK AMIKOM Purwokerto | Tim Fourth's Blog | Fivers Brebes
Copyright © 2012-2100ROFIQ 0307 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Rofiq Agung S
Proudly powered by Blogger