Microsoft Excel adalah program pengolah berbasis angka yang sering di gunakan di
perkantoran ataupun di instansi – instansi lainnya yang membutuhkan
penghitungan dan pembuatan laporan secara komputerisasi.
dan terkadang, banyak formula atau rumus yang diperlukan dalam membantu
proses pengerjaan sebuah laporan tersebut.
Nah . . .kali ini akan membahas tentang Fungsi IF . Apa itu Fungsi IF ?
Fungsi IF merupakan fungsi logika, yang artinya suatu nilai mempunyai
syarat dan dapat bernilai benar jika syarat terpenuhi serta bernilai salah jika
syarat tidak terpenuhi. Secara umum rumus fungsi IF dalam Microsoft Excel
adalah sebagai berikut :
1. IF (satu logika) adalah Untuk menghasilkan nilai dari satu logika
yang diuji kebenaranya.
Rumus =IF(logical_test,value_if_true,value_if_false)
2. IF (lebih dari
satu logika) adalah Untuk menghasilkan nilai dari lebih dari satu logika
yang diuji kebenaranya Rumus =IF(logical_test1,value_if_true,IF(logical_test1,value_if_truevalue_if_false))
Contoh Kasusnya adalah
Selain itu juga terdapat Fungsi IF AND & IF OR. Berikut penjelasnnya :
1. IF AND adalah Fungsi ini menghasilkan nilai benar, bila
berargumen benar. Hasil dari fungsi ini juga dapat menghasilkan nilai salah,
jika salah satu argumen salah.
Rumus : =IF(AND(logical_test1,logical_test2,value_if_true,value_if_false)
2. IF OR adalah Fungsi ini menghasilkan nilai benar, bila berargumen
benar. Hasil dari fungsi ini juga dapat menghasilkan nilai salah, jika seluruh
argumen salah.
Rumus : =IF(OR(logical_test1,logical_test2,value_if_true,value_if_false)
Contoh :
Posting Komentar