Selamat Datang di ROFIQ AGUNG SETIAWAN'S BLOG ( AMIKOM Purwokerto )

Penggunaan Fungsi IF (Logika) Pada Microsoft Excel

Sabtu, 01 Desember 20120 komentar


Microsoft Excel adalah program pengolah berbasis angka yang sering di gunakan di perkantoran ataupun di instansi – instansi lainnya yang membutuhkan penghitungan dan pembuatan laporan secara komputerisasi.
dan terkadang, banyak formula atau rumus yang diperlukan dalam membantu proses pengerjaan sebuah laporan tersebut.
Nah . . .kali ini akan membahas tentang Fungsi IF . Apa itu Fungsi IF ? Fungsi IF merupakan fungsi logika, yang artinya suatu nilai mempunyai syarat dan dapat bernilai benar jika syarat terpenuhi serta bernilai salah jika syarat tidak terpenuhi. Secara umum rumus fungsi IF dalam Microsoft Excel adalah sebagai berikut :
 
1. IF (satu logika) adalah Untuk menghasilkan nilai dari satu logika yang diuji kebenaranya.
Rumus =IF(logical_test,value_if_true,value_if_false)
2. IF (lebih dari satu logika) adalah Untuk menghasilkan nilai dari lebih dari satu logika yang diuji kebenaranya Rumus =IF(logical_test1,value_if_true,IF(logical_test1,value_if_truevalue_if_false))
Contoh Kasusnya adalah


Selain itu juga terdapat Fungsi IF AND & IF OR. Berikut penjelasnnya :
1. IF AND adalah Fungsi ini menghasilkan nilai benar, bila berargumen benar. Hasil dari fungsi ini juga dapat menghasilkan nilai salah, jika salah satu argumen salah.
Rumus : =IF(AND(logical_test1,logical_test2,value_if_true,value_if_false)

2. IF OR adalah Fungsi ini menghasilkan nilai benar, bila berargumen benar. Hasil dari fungsi ini juga dapat menghasilkan nilai salah, jika seluruh argumen salah.
 Rumus :  =IF(OR(logical_test1,logical_test2,value_if_true,value_if_false)

Contoh :

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Rofiq's Blog | Creating Website | STMIK AMIKOM Purwokerto | Tim Fourth's Blog | Fivers Brebes
Copyright © 2012-2100ROFIQ 0307 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Rofiq Agung S
Proudly powered by Blogger